ANALISIS PERILAKU GURU DALAM MENGGUNAKAN QUIZIZZ PADA PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAM TERINTEGRASI ECM

IIM IMRON ROSYADI (2023210040)

E-learning dan aplikasi interaktif memungkinkan pembelajaran yang lebih menarik.
QUIZIZZ merupakan salah satu aplikasi interaktif untuk pembelajaran.
Pemerintah bekerjasama dengan Canva dan Quizizz bertujuan memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran.
Faktor-faktor yang memengaruhi guru dalam menggunakan Quizizz akan dikaji untuk memahami keputusan penggunaannya dalam penilaian pembelajaran di kelas.
1. Bagaimana pengaruh Perceived Ease of Use (PEOU) terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
2. Bagaimana pengaruh Perceived Usefulness (PU) terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
3. Bagaimana pengaruh Perceived Usefulness (PU) terhadap Satisfaction (SF) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
4. Bagaimana pengaruh Confirmation (CM) terhadap Satisfaction (SF) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
5. Bagaimana pengaruh Satisfaction (SF) terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
6. Bagaimana pengaruh Facilitating Condition (FC) terhadap Perceived Ease of Use (PEOU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
7. Bagaimana pengaruh Facilitating Condition (FC) terhadap Perceived Usefulness (PU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
8. Bagaimana pengaruh Facilitating Condition (FC) terhadap Satisfaction (SF) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
9. Bagaimana pengaruh Facilitating Condition (FC) terhadap Perceived Enjoyment (PE) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
10. Bagaimana pengaruh Perceived Enjoyment (PE) terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
1. Menguji pengaruh Perceived Ease of Use (PEOU) terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
2. Menguji pengaruh Perceived Usefulness (PU) terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
3. Menguji pengaruh Perceived Usefulness (PU) terhadap Satisfaction (SF) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
4. Menguji pengaruh Confirmation (CM) terhadap Satisfaction (SF) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
5. Menguji pengaruh Satisfaction (SF) terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
6. Menguji pengaruh Facilitating Condition (FC) terhadap Perceived Ease of Use (PEOU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
7. Menguji pengaruh Facilitating Condition (FC) terhadap Perceived Usefulness (PU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
8. Menguji pengaruh Facilitating Condition (FC) terhadap Satisfaction (SF) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
9. Menguji pengaruh Facilitating Condition (FC) terhadap Perceived Enjoyment (PE) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?
10. Menguji pengaruh Perceived Enjoyment (PE) terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU) guru dalam penggunaan platform Quizizz pada pembelajaran?

Perceived Usefulness(PU)

Persepsi pengguna tentang seberapa besar suatu teknologi dapat membantu mereka menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan secara efektif. Jika pengguna merasa teknologi tersebut bermanfaat, maka kecenderungan mereka untuk menggunakannya lebih tinggi.

Perceived Ease of Use (PEOU)

Persepsi ini menggambarkan kemudahan penggunaan teknologi tersebut. Pengguna cenderung lebih menyukai dan sering menggunakan teknologi yang mudah dipahami dan dioperasikan tanpa hambatan yang berarti.

Behavioral Intentional to Use (BIU)

Faktor ini mencerminkan niat atau kecenderungan seseorang untuk menggunakan teknologi. Jika seseorang merasa teknologi tersebut berguna dan mudah digunakan, maka niat untuk menggunakan teknologi itu dalam aktivitas sehari-hari akan semakin kuat.

Facilitating Condition (FC)

Ini adalah faktor pendukung yang memengaruhi kemudahan akses terhadap teknologi, seperti dukungan teknis, infrastruktur, dan lingkungan yang kondusif. Kondisi pendukung yang baik akan mempermudah pengguna dalam memanfaatkan teknologi.

Satisfaction (SF)

Kepuasan yang dirasakan pengguna setelah menggunakan teknologi. Kepuasan yang tinggi akan meningkatkan kemungkinan pengguna untuk terus menggunakan dan merekomendasikan teknologi tersebut.

Perceived Enjoyment (PEN)

Merupakan tingkat kesenangan atau kenyamanan yang dirasakan pengguna saat menggunakan teknologi. Jika pengguna merasa senang dan nyaman, maka mereka akan lebih antusias dalam memanfaatkan teknologi tersebut.

  1. Perceived Ease of Use (PEOU) berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU)
  2. Perceived Usefulness (PU) berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU)
  3. Perceived Usefulness (PU) berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Satisfaction (SF)
  4. Confirmation (CM) berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Satisfaction (SF)
  5. Satisfaction (SF)  berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU)
  6. Facilitating Condition (FC) berpengaruh signifikan terhadap Perceived Ease of Use (PEOU)
  7. Facilitating Condition (FC) berpengaruh signifikan terhadap Perceived Usefulness (PU)
  8. Facilitating Condition (FC) berpengaruh signifikan terhadap Perceived Usefulness (PU)
  9. Facilitating Condition (FC) berpengaruh signifikan terhadap Perceived Enjoyment (PE)
  10. Perceived Enjoyment (PE) berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intentional to Use (BIU)

Jumlah total guru terdata di Kabupaten Bekasi 30.276 guru

PROGRAM STUDI PASCASARJANA
MAGISTER SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFOMATIKA DAN KOMPUTER LIKMI
BANDUNG
2024